Senin, 21 November 2011

Renungan Haji

Ironis… Bangsa Indonesia, yang masuk dalam deretan pengirim Jamah Haji terbanyak setiap tahunnya harus diakui masih banyak rakyatnya yang hidup di bawah garis kemiskinan. Mereka rela makan nasi aking untuk menyambung hidupnya. Mereka rela tidur di bawah kolong jembatan dan setiap malam harus melawan dinginnya angin malam dan gigitan nyamuk-nyamuk nakal.

Lalu dimanakah hasil dari perjalanan selama kurang lebih 40 hari bertamu di rumah Allah..??

Lalu kenapa pula Indonesia masuk dalm 10 besar Negara Terkorup di dunia..??

Sebuah kenyataan bahwa Indonesia kini di huni oleh manusia-manusia yang tidak Istiqomah. Mereka lebih memilih kepentingan perut mereka daripada membantu saudara-saudara mereka yang tidak bisa makn..Merka lebih memilih memikirkan kepentingan politik mereka sendiri daripada memikirkan memikirkan hak dan kepentingan rakyat miskin.

Apakah semua itu adalah tanda dari haji yang Mabrur..??? Haji yang dijanjikan mendapatkan Surga oleh Allah..???

Mungkin banyak dari mereka yang tidakmenyadari akan hal ini. Namun, Hal ini tidak bisa luput dari pengamatan dari Yang Maha Melihat. Bahwa semua harus dipertanggung jawabkan. Disaat saudara-saudara kita merintih kesakitan, disaat tetangga-tetangga kita merintih menahan lapar, mereka malah melaksanakan ibadah yang kedua kali, ketiga kali dan seterusnya.. Ingatkah bahwa yang wajib hanya berangkat haji sekali saja..? berangkat haji yang kedua dan seterusnya hanyalah sunnah. Dan alangkah lebih baik jika biaya untuk berangkat haji yang kedua kali dan seterusnya itu dipakai untuk menolong saudara-saudara kita atau tetangga yang lebih membutuhkan.

Semoga mereka-mereka(para orang kaya) lebih mengerti akan skala prioritas dalam mengumpulkan pahala, sehingga pahala yang didapat benar-benar didapat dari prioritas-prioritas ibadah yang ditentukan dari Allah. Amien..

Dan semoga para Jamah haji asal Indonesia bisa merefleksikan diri dalam kehidupan sehari-hari sebagai hasil dari perjalanan di Tanah suci.Sehingga akan membuat bangsa Indonesia akan dipenuhi oleh orang-orang yang Istiqomah dalam menjaga Iman nya..Amiien..


0 komentar:

Posting Komentar